kisah buraq kendaaran tercepat di alam semesta

BURAQ KENDARAAN TERCEPAT DI ALAM SEMESTA




Pada masa lalu, sangat mustahil manusia bisa bepergian ke luar bumi, apalagi ke alam yang tidak dihuni manusia seperti Sidratul Muntaha. Oleh sebab itu, diperlukan kendaraan khusus untuk menuju ke sana.

Ketika Isra Miraj, Nabi Muhammad difasilitasi Allah sebuah kendaraan canggih bernama Buraq.

Buraq adalah kendaraan yang didatangkan dari surga sebagai alat transportasi super cepat yang membawa Rasululah saw dari Makkah ke Baitul Maqdis seperti kilat.

Kata Buraq berasal dari bahasa Arab barqun yang berarti kilat. Barqun bisa ditemukan di Surah Albaqarah ayat 20 yang berarti kilat. Jika barqun berarti kilat, maka turunan katanya adalah Buraq. Buraq berarti tunggangan atau alat transportasi untuk menuju ke satu tempat dengan kilat atau cepat sekali.

Adapun mengenai bentuk buraq Rasulullah saw menyinggungnya dalam sebuah hadits yang berbunyi;

عن أنس ابن مالك رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: أتيت بالبراق وهو دابة أبيض طويل فوق الحمار ودون البغل يضع حافره عند منتهى طرفه ...الحديث      

Dari Anas bin Malik bahwasannya Rasulullah saw berkata: Aku diberi buraq dia hewan tunggangan yang *berwarna putih lebih besar dari keledai tapi lebih kecil dari bighal yang satu tanduknya terdapat dipucuk kepalanya *


Kemudian dalam riwayat lain juga disebutkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim; dan lafal hadits ini berdasarkan Imam Muslim.

حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «أُتِيتُ بِالْبُرَاقِ، وَهُوَ دَابَّةٌ أَبْيَضُ طَوِيلٌ فَوْقَ الْحِمَارِ، وَدُونَ الْبَغْلِ، يَضَعُ حَافِرَهُ عِنْدَ مُنْتَهَى طَرْفِهِ» ، قَالَ: «فَرَكِبْتُهُ حَتَّى أَتَيْتُ بَيْتَ الْمَقْدِسِ» ، قَالَ: «فَرَبَطْتُهُ بِالْحَلْقَةِ الَّتِي يَرْبِطُ بِهِ الْأَنْبِيَاءُ»

Telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farruh, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah, telah menceritakan kepada kami Tsabit al-Bunani daripada Anas bin Malik : bahwa Rasulullah Shallallahu alaIhi wasallam bersabda: *Didatangkan kepadaku Buraq, seekor tunggangan putih, lebih tinggi dari keledai dan lebih rendah dari baghal,* ia berupaya meletakkan telapak kakinya di ujung pandangannya. Setelah menungganginya, maka Buraq itu berjalan membawaku hingga sampai ke Baitul Maqdis. Aku ikat (tambat) tunggangan itu di tempat para Nabi biasa menambatkan tunggangan mereka.

Apabila kita cermati hadis diatas, sepertinya bentuk buroq tidak jauh beda dengan gambaran hewan *unicorn* yang kita kenal dalam beberapa film barat, dimana kulitnya putih, dan dikepalanya ada tanduk.

Diantara bentuk dan sifat buraq yang disebutkan dalam hadis diatas bisa kita ambil poin-poinnya sebagai berikut :

1. bentuknya seperti binatang tunggangan
2. kurannya lebih tinggi dari keledai dan lebih pendek dari bighal. (Bighal adalah peranakan hasil perkawinan antara kuda dengan keledai)
3. unya tanduk dipucuk kepalanya
4. Berwarna putih
5. Langkah kakinya, sejauh ujung pandangannya.
6Bisa diikat sebagaimana layaknya hewan tunggangan

Begitulah informasi yang kita dapatkan mengenai bentuk buraq melalui hadis nabi. Namun begitu, terlepas dari itu semua, pada mulanya hewan yang bernama buraq ini menunjukkan beberapa tanda-tanda  keliarannya, ia terkesan enggan ditunggangi Rasulullah saw.

Tetapi Jibril dengan sigap mengendalikannya seraya berkata Wahai buraq! tidak malukah engkau? Demi Allah, orang yang akan menunggangi engkau adalah orang yang paling mulia.

Barulah buraq memahami posisinya sebagai kendaraan pilihan yang bertugas mengantar pilihan-Nya yaitu Muhammad al-Mustahafa. Maka berubahlah sikapnya menjadi jinak penuh tadhim kepada Rasulullah saw.

Kemudian mereka (Rasulullah saw, Jibril dan Buraq) bertiga berangkat  bersama menuju Baitul Maqdis. Sebagaimana diterangkan dalam hadits

عن عبد الله ابن مسعود رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: أتيت بالبراق فركبت خلف جبريل عليه السلام فسار بنا, اذا ارتفع ارتفعت رجلاه, واذا هبط ارتفعت يداه ... الحديث  

Dari Abdullah bin Masud bahwasannya Rasulullah saw berkata: *Aku telah disediakan buraq, akupun duduk di belakang jibril dan berangkatlah bersama. Ketika hendak naik kedua kakinya diangkat keatas, dan ketika turun kedua tangannya yang diangkat.*

Berdasarkan hadis ini, Rasulullah nyatanya menunggangi buraq bersama dengan jibril as.

Layaknya orang yang sedang membonceng sepeda motor. Nabi Muhammad duduk dibelakang sedangkan jibril duduk didepan bertugas mengemudi buraq.

Kemudian yang menarik dari riwayat ini adalah ketika naik buraq kakinya yang diangkat dan ketika turun justru tangannya yang diturunkan bukan malah kakinya.

4 Responses to "kisah buraq kendaaran tercepat di alam semesta"

  1. sehari 3x BONUS free Chip POKER
    BONUS SAHUR
    Bonus Sahur Khusus di jam 03.00 s/d 06.00


    BONUS NGABUBURIT
    Bonus Ngabuburit Khusus di jam 17.30 s/d 20.30

    |POKER | CEME | DOMINO99 | OMAHA | SUPER10|

    Terima SEMUA BANK DI INDONESIA
    BANK NASIONAL + BANK DAERAH |

    OVO N GOPAY? Bisa!! Buruan


    WhastApp : 0812-9608-9061

    Lnk : WWW. POKERAYAM. TOP

    ReplyDelete
  2. dicoba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    | Whatsapp : +62 812-222-2996
    |lINK KAMI di : WWW.POKERVITA.VIP

    ReplyDelete
  3. Illuminati adalah perkumpulan rahasia yang berusaha untuk mempromosikan nilai-nilai moral yang tertarik pada spiritual dan infleksi. Itu didirikan di bawah prinsip cinta, keadilan, persatuan, perdamaian, dan bantuan. Illuminati mempertemukan individu-individu yang memiliki niat baik, terlepas dari perbedaan dan latar belakang mereka, dan memastikan bahwa orang-orang baik ini menjadi lebih baik di masyarakat. Apakah Anda ingin menjadi anggota illuminati dan menjadi kaya, terkenal, berkuasa, dan unggul dalam hidup? Apakah Anda akan memberi $ 20,00,000 sebagai keuntungan pertama. Silakan hubungi saya sekarang atau tambahkan saya whatsapp +2347057052206 Email williamsilluminati230@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Hallo buat yang punya BLOG ini , tolong Email saya di harisjawa12@gmail.com atau respon postingan ini, saya butuh banget informasi dan pengetahuan guna untuk jurnal tugas akhir kuliah saya yg membahas tentang secret society atau elite ,,, Mohon sekali bantuan nya

    ReplyDelete