beredarnya matahari menurut alquran

MATAHARI MEMPUNYAI GARIS EDARNYA SENDIRI



Dalam surah yasin Allah swt berfirman :

Ya Sin 36:38

وَٱلشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَاۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ

dan *matahari berjalan di tempat peredarannya.* Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha perkasa, Maha Mengetahui.

Sehubungan dengan makna kalimat "limustaqarril laha" pada ayat ini ada dua pendapat.

Pendapat pertama mengatakan bahwa makna yang dimaksud "mustaqarril laha" ialah tempat menetapnya matahari, yaitu di bawah 'Arasy yang letaknya berhadapan dengan letak bumi bila dilihat dari arah 'Arasy.

Dengan kata lain, *di mana pun matahari berada, ia tetap berada di bawah 'Arasy;* demikian pula semua makhluk lainnya, mengingat 'Arasy merupakan atap bagi kesemuanya.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah dalam shahih bukhari :

قَالَ الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْم، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ [التَّيْمِيِّ] ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ عِنْدَ غُرُوبِ الشَّمْسِ، فَقَالَ: "يَا أَبَا ذَرٍّ، أَتَدْرِي أَيْنَ تغربُ الشَّمْسُ؟ " قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: "فَإِنَّهَا تَذْهَبُ حَتَّى تَسْجُدَ تَحْتَ الْعَرْشِ، فَذَلِكَ قَوْلُهُ: {وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ} .

Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Na'im, telah menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Ibrahim At-Taimi, dari ayahnya, dari Abu Zar r.a. yang mengatakan bahwa ketika ia sedang bersama Nabi Saw. di dalam masjid bertepatan dengan waktu terbenamnya mentari, maka Nabi Saw. bertanya, "Hai Abu Zar, tahukah kamu ke manakah mentari itu terbenam?" Abu Zar menjawab.Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Nabi Saw. bersabda: *Sesungguhnya mentari itu pergi hingga sujud di bawah 'Arasy.* Yang demikian itu dijelaskan oleh firman-Nya, "Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui. (Yasin: 38) 

2 Sedangkan pendapat yang kedua mengatakan bahwa yang dimaksud dengan "mustaqarril laha" ialah batas terakhir perjalanannya, yaitu pada hari kiamat nanti perjalanannya terhenti dan diam tidak bergerak lagi, serta di gulung (dipadamkan), maka alam semesta pada waktu itu telah mencapai usianya yang paling maksimal.

Kemudian Ibnu Masud dan Ibnu Abbas ketika membaca firman berikut, yaitu: dan matahari berjalan di tempat peredarannya. (Yasin: 38) mengatakan bahwa yang dimaksud adalah matahari tersebut tidak pernah menetap dan tidak pernah diam. Bahkan ia selalu berjalan siang dan malam tanpa henti dan tanpa istirahat.

Sebagaimana yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam ayat lain melalui firman-Nya: 

Ibrahim 14:33

وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ دَآئِبَيْنِۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ

Dan Dia telah menundukkan matahari dan bulan bagimu yang terus-menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan malam dan siang bagimu.

Yakni matahari beredar dan tiada henti-hentinya bergerak sampai hari kiamat nanti.

Kedua pendapat ini tidaklah saling bertentangan melainkan saling melengkapi dan saling mengisi.

Pendapat pertama menjelaskan tentang tempat matahari yakni dibawah arsy sedangkan pendapat kedua menjelaskan tentang zaman dan waktu lama matahari beredar diatas bumi sampai batas yang ditentukan yakni hari hari kiamat.


4 Responses to "beredarnya matahari menurut alquran"

  1. sehari 3x BONUS free Chip POKER
    BONUS SAHUR
    Bonus Sahur Khusus di jam 03.00 s/d 06.00


    BONUS NGABUBURIT
    Bonus Ngabuburit Khusus di jam 17.30 s/d 20.30

    |POKER | CEME | DOMINO99 | OMAHA | SUPER10|

    Terima SEMUA BANK DI INDONESIA
    BANK NASIONAL + BANK DAERAH |

    OVO N GOPAY? Bisa!! Buruan


    WhastApp : 0812-9608-9061

    Lnk : WWW. POKERAYAM. TOP

    ReplyDelete
  2. dicoba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    | Whatsapp : +62 812-222-2996
    |lINK KAMI di : WWW.POKERVITA.VIP

    ReplyDelete
  3. Illuminati adalah perkumpulan rahasia yang berusaha untuk mempromosikan nilai-nilai moral yang tertarik pada spiritual dan infleksi. Itu didirikan di bawah prinsip cinta, keadilan, persatuan, perdamaian, dan bantuan. Illuminati mempertemukan individu-individu yang memiliki niat baik, terlepas dari perbedaan dan latar belakang mereka, dan memastikan bahwa orang-orang baik ini menjadi lebih baik di masyarakat. Apakah Anda ingin menjadi anggota illuminati dan menjadi kaya, terkenal, berkuasa, dan unggul dalam hidup? Apakah Anda akan memberi $ 20,00,000 sebagai keuntungan pertama. Silakan hubungi saya sekarang atau tambahkan saya whatsapp +2347057052206 Email williamsilluminati230@gmail.com

    ReplyDelete
  4. microtouch titanium trim reviews - Tioga-Arts
    Tioga-Arts reviews for a wide range of product options including titanium piercing jewelry Omega Shaving, Salsa, titanium hoop earrings Mango man titanium bracelet & More, Shave Tender & Tea with stilletto titanium hammer this eco-friendly remmington titanium product.

    ReplyDelete